Program Studi PAI UMY dan Universiti Malaya Gelar Seminar Internasional: Membahas Pembumian Pendidikan Islam dalam Kalangan Remaja dalam Konteks Cross-border Education

Juli 14, 2023, oleh: superadmin

Pada hari Kamis, 13 Juli 2023, Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PAI UMY) mengadakan seminar internasional yang dibersamai oleh Himpunan Mahasiswa PAI UMY dan berkolaborasi dengan Universiti Malaya. Acara tersebut mengusung tema “Pendidikan Rentas Sempadan: Cabaran dan Halatuju Pembumian Pendidikan Islam dalam Kalangan Remaja” (Cross-border Education: Challenges and Directions for Grounding Islamic Education Among Adolescents). Seminar ini diselenggarakan secara hybrid, dengan menghadirkan peserta secara offline di Ruang Sidang Fakultas Agama Islam UMY dan secara online melalui zoom meeting.

Seminar ini juga diramaikan oleh mahasiswa dari Universiti Malaya yang sedang melakukan kunjungan akademik ke Program Studi PAI UMY. Acara seminar internasional ini melibatkan tiga pemateri, yang terdiri dari dosen dari Program Studi PAI UMY dan Universiti Malaya. Dr. Abd Aziz bin Rekan membawakan materi mengenai “Unbounded Horizons: Empowering Adolescents through Innovative Alternative Assessment in Islamic Education across Global Interconnectedness”. Selanjutnya, Anita Aisah, M.Psi.psikolog menyampaikan materi tentang “Grounding Islamic Education Among Adolescent Cross-border Education: Challenges and Directions for Grounding Islamic Education Among Adolescents”. Penyampaian materi ditutup oleh Dr. Asyraf Isyraqi bin Jamil yang membahas materi mengenai “Pendidikan Antar Agama dalam Kalangan Pelajar Sekolah: Cabaran dan Halatuju Pendidikan Islam di Malaysia”.

Antusiasme peserta sangat terlihat melalui pertanyaan yang mereka ajukan saat sesi diskusi/tanya jawab. PAI UMY berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk memperoleh ilmu baru sekaligus memperkuat silaturahmi antaruniversitas, bahkan hingga tingkat internasional.